beesoftindo.com
User
:
Password
:
Security Code
:
 
CAPTCHA Image

Register Agent

 

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) merupakan salah satu obyek wisata alam Provinsi Sulawesi Tengah yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 593/Kpts-ll/1993, dengan luas 229. .......detail »


 
Share |
Pantai Talise

Pantai Talise adalah salah satu obyek wisata andalan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pantai yang berada di ujung Teluk Palu ini membentang dari Kota Palu hingga Kabupaten Donggala. Dari lokasi wisata ini tampak hamparan teluk dan pegunungan yang begitu indah dan mempesona. Keberadaannya yang dekat dari Kota Palu menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar maupun masyarakat Kota Palu sendiri. Di sore hari, mereka datang ke pantai ini untuk menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari (sunset). Sementara di malam hari, mereka datang untuk menikmati beragam jenis makanan yang dijajakan di sepanjang pantai. Begitu pula pada setiap Minggu pagi, ratusan pengunjung memadati pantai ini untuk menikmati hangatnya air laut dan menyaksikan keindahan terumbu karang dan ikan hias di bawah laut.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Talise juga menjadi sumber penghidupan bagi para nelayan tradisional yang tinggal di sekitar pantai. Perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di tengah teluk menambah keindahan pantai, terutama pada malam hari. Lampu-lampu perahu nelayan tersebut tampak berkelap-kelip di tengah kegelapan malam.

Pantai Talise memiliki banyak keistimewaan. Selain memiliki panorama alam yang indah, pantai ini sangat cocok untuk kegiatan olah raga, seperti: berenang, selancar angin (wind surfing), sky air, menyelam, memancing, dan lain sebagainya. Menjelang sore hari, terdapat pemandangan yang sayang untuk dilewatkan, yaitu detik-detik terbenamnya matahari (sunset) di antara Gunung Gawalise yang berada tidak jauh dari Pantai Talise. Begitu pula di malam hari, tampak pemandangan yang sangat mengagumkan. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan lampu-lampu dari perahu nelayan yang bergerak-gerak di tengah teluk terhempas oleh gelombang laut, sembari menikmati makanan dan minuman tradisional masyarakat Palu, seperti sarabba (air jahe dicampur santan, gula merah dan susu), pisang epek (pisang bakar dibumbui keju atau gula merah), pisang goreng, dan jagung bakar yang diolesi dengan mentega.

Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Jembatan Palu IV berwarna kuning yang membentang di atas hulu sungai Palu yang berada tidak jauh dari Pantai Talise. Jembatan yang sering mengundang decak kagum karena keindahannya itu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bambang Susilo Yudoyono pada bulan Mei 2007.

Jika pengunjung ingin mencari suasana lain, tidak jauh dari Pantai Talise, sekitar 3 km ke arah Barat, terdapat obyek wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Pantai Taman Ria. Di Taman Ria ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dan menikmati berbagai macam makanan khas Palu yang disajikan di warung-warung makan maupun di restoran, seperti kaledo (sop tulang sapi) yang dimakan dengan singkong atau nasi, uvempoi (kuah asam dari tulang sapi) yang dimakan dengan burasa (nasi santan yang dibungkus daun pisang), dan uta dada (semacam opor ayam).


  Copyright © beeholiday.com
Jl.Fachrudin Raya 5, Apartemen Boulevard, Lantai 2 Blok D-2
Kec. Tanah Abang, Kota. Jakarta Pusat DKI Jakarta, 10250
Telp : +62 21 31903867, +62 21 31907708 
Telp/fax : +62 21 8294299
Mobile 0818757388 - 081218114657
BOGOR Jl. KS Tubun No. 3 (depan Jambu Dua Mall) Kota Bogor Telpon : 0251 8373355
 
Website Security Test